200 ORANG IKUT MBAGUN PABRIK OKSIGEN DI TAJI

DCIM106GOPRO

KETENANG pagi di Desa Taji, Kecamatan Jabung, Rabu (17/2/2016) lalu sedikit berbeda. Orang-orang mulai dari usia pelajar hingga dewasa berlalu lalang di tengah kabut yang menyelimuti desa di lereng Gunung Semeru itu.
Bukan tanpa alasan mereka hadir di Taji, melainkan untuk mengikuti kegiatan penghijauan bertajuk Nandur Bareng yang digelar Republik Adventure.
Setelah seremonial sederhana berupa penyerahan bibit secara simbolis ke peserta dari Kepala Resort TNBTS Jabung, Hendra, Danramil Jabung, Nanang dan Kades Taji, Dindit, para peserta yang berjumlah sekitar 200 orang bergerak ke arah lokasi penanaman sembari membawa bibit pohon Kesek. Sebelum melakukan penanaman, mereka dibekali ilmu pengetahuan lingkungan oleh Penyuluh Kehutanan TNBTS, Bhirama AP dan Dewan Daerah Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), Purnawan Dwikora Negara.
Para peserta terlihat antusias saat melakukan penanaman kendati kabut mulai beranjak dan digantikan dengan sinar matahari yang cukup menyengat. Mereka tak segan untuk blusukan diantara tanaman, mendaki medan yang menanjak dan sesekali terpeleset saat menanam.
“Bismillah, semoga bisa tumbuh besar ya. Kalau ada waktu, nanti aku jenguk,” ucap salah satu peserta lirih seakan membisiki bibit pohon yang ditanamnya.
Dalam acara penanaman yang digagas Republik Adventure itu, ada sekitar 1900 pohon yang ditanam, mulai dari jenis Kesek, Tutup hingga cemara. Ketiganya terpilih karena merupakan tanaman konservasi endemik TNBTS.
Komandan Koramil Jabung, Nanang mengatakan acara yang digagas Republik Adventure tersebut adalah kegiatan mulia. Manfaatnya tak hanya untuk diri sendiri tetapi juga anak cucu di masa mendatang.
Selain Danramil, hadir pula Camat Jabung, Kepala BPKH (Perhutani) Tumpang, dan jajaran personel Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), para Pengendali Ekosistem Hutan (PEH), perwakilan dari Dinas Pengairan Kab Malang, PDAM Kab Malang, Penanggulangan Bencana (PB) PMI Kab Malang, Bank Jatim Syariah, Malang Strudel, dan pihak-pihak pendukung acara Nandur Bareng.
“Penanaman ini menjadi awal, tugas kita bersama adalah mengawal agar bibit yang kita tanam bisa tumbuh dengan baik. Ini yang sulit dan butuh komitmen,” kata Nanang. (Fia/ara)

Foto Kegiatan kemarin lainnya dapat dilihat disini ” NANDUR BARENG

video dokumentasi dari team amazing malang

Iklan