JENIS POHON KHAS TENGGER

PHIA6240Kesek, pernah mendengar nama itu?  Kesek adalah salah satu jenis pohon endemik di kawasan Taman Nasional bromo Tengger Semeru (TNBTS). Tanaman ini akan mendominasi acara ‘Nandur Bareng’ Republik Adventure di Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang pada 17 Februari 2016 mendatang.

Tampilan Kesek mungkin tidak menarik. Pohonnya tidak terlalu tinggi, batangnya besar dengan sedikit daun. Jauh dari kata menarik jika dibandingkan dengan cemara atau pinus yang indah dipandang mata. Kendati demikian, kesek memiliki banyak kelebihan sebagai tanaman konservasi.

Pemilik nama latin Dodonaea Viscosa ini memiliki usia yang panjang, puluhan hingga ratusan tahun sehingga sangat cocok untuk tanaman konservasi. Daunnya memang tidak rimbuh, namun daya tempelnya kuat sehingga tidak mudah rontok. Imbasnya? tentu saja tidak mudah memicu kebakaran ketika musim kemarau, sebab daun kering yang terbakar biasanya menjadi pemicu utama kebakaran hutan.

Kelebihan lain? kayunya yang kuat sangat sulit untuk terbakar namun juga tidak cocok untuk furniture. Kondisi ini membuat Kesek kemudian aman dari penjahat ilegal logging. Kabar gembira lain adalah, kesek sangat mudah untuk hidup. Potensi hidupnya saat dilakukan penanaman bibit mencapai 90 persen, sehingga bisa mempercepat pembangunan hutan rimba sebagai paru-paru dunia.DSC_0183

Iklan