KEPALA PLONTOS BISA MENGUNDANG BENCANA GAESS…

DSC_0977

TAHU persamaan antara kepala Deddy Corbuzier dengan hutan gundul? Keduanya sama-sama tidak bisa menyerap air. Eits, tapi tulisan ini tidak bermaksud menyinggung apalagi melecehkan mentalis kondang berkepala plontos itu.
Kepala botak adalah perumpamaan sempurna untuk menggambarkan hutan yang gundul. Analoginya seperti ini, ketika kepala botak disiram air, airnya akan langsung turun membasahi wajah karena tidak ada rambut sebagai penahan air. Begitu juga saat panas matahari menyengat, kepala akan cepat panas dan sakit terkena paparan matahari karena tidak ada rambut yang melindungi kulit kepala. Sama dengan hutan yang gundul, saat tersiram air hujan, maka air akan mengalir langsung menuju ke bawah. Jika hanya air maka akan menjadi banjir, namun jika turun sembari membawa tanah, maka bisa dipastikan menjadi bencana longsor yang merugikan banyak pihak.
Dewan Daerah Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jatim, Purnawan D Negara mengatakan, hutan punya arti vital. Pepohonan di dalamnya memiliki segudang manfaat untuk menjaga manusia. Salah satu contohnya, daun yang berfotosintesis menghasilkan O2 untuk bernapas, akar dan batang mengikat tanah agar tidak mudah longsor saat terbawa air hujan.
“Saat longsor, pastinya akan merugikan manusia bisa rugi materiil kehilangan harta benda, bisa juga non materiil kehilangan nyawa diri sendiri atau keluarga terdekat. Kalau masih tidak mau menanam dan mempertahankan keberadaan pohon, ya wassalam,” ucap pria yang akrab disapa Pupung itu saat menjadi pemateri dikegiatan Nandur Bareng. (Fia/ara)