SALAM DARI 1200Mdpl “TAJI”

DSC_0516Taji, desa yang berada di Kecamatan Jabung ini merupakan desa yang berada di ketinggian 1200 mdpl. Berada di lereng bromo – Semeru membuat desa ini subur. Tanahnya mamapu menghidupi sebagian besar masyarakatnya yang bermata pencaharian sebagai petani holtikultura.

Bawang daun, kubis, jagung, ketela singkong, apel adalah komoditas yang paling banyak dijumpaio di wilayah tersebut. Sebagai wilayah dengan kontur pegunungan, Taji memiliki tanah yang subur, namun kondisi tersebut juga membuat eksplorasi warga terhadap alam cukup tinggi. Akibatnya pepohonan semakin berkurang dari tahun ke tahun. Tutupan hutan semakin berkurang karena masyarakat banyak menebang pohon yang lahannya kemudian dialihfungsikan sebagai lahan pertanian dan perkebunan.

Dampak dari aktifitas warga tersebut sebenarnya sudah terlihat. Pada 2010 lalu, banjir bandang menerjang desa tersebut. Akibatnya, satu-satunya akses jalan ke wilayah tersebut terputus dan mengisolasi warga di sala yang tercatat kurang lebih 1200 jiwa.