Sumber Pitu, Jernih Sampai ke Dasar

DSC_0199

MENGHABISKAN akhir pekan dengan eksplorasi wisata di Malang Raya barangkali menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, Malang memiliki segudang wisata alam yang menawarkan sensasi berbeda satu sama lain. Sumber Pitu misalnya, wana wisata yang berada di Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang ini memiliki tujuh aliran sumber yang bermuara pada sebuah kolam alam dan kemudian dimanfaatkan sebagai pemandian oleh para wisatawan.

DCIM103GOPRO

Sesuai namanya, sumber pitu berarti mata air yang berjumlah tujuh. Karena airnya langsung dari mata air pegunungan, maka kondisi air sangat jernih dan menyegarkan. Bahkan, dasar kolam alam bisa dilihat dari permukaan saking jernihnya.

Tak hanya menemukan sumber air yang jernih, traveler juga akan menemukan air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter dengan debit air yang tidak terlalu besar. Tepat di samping air terjun, terdapat pohon beringin yang berdiri tegak dengan akar yang terlihat jelas.

DSC_0184Masyarakat setempat menyebut pohon tersebut dengan ringin gantung yang berarti beringin menggantung.
Sumber Pitu berada di wilayah Perhutani. Debit air yang cukup besar membuat PDAM ikut mengelola dan memanfaatkan air Sumber Pitu untuk dipasok ke sebagian masyarakat Kota Malang.
Jarak antara lokasi Sumber Pitu dengan pusat Kota Tumpang tidak terlalu jauh, hanya sekitar 20 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Tidak ada tiket resmi, namun di gerbang masuk, masyarakat memasang kotak sumbangan untuk pembangunan jalan menuju Sumber Pitu.
Dari jalan utama desa menuju ke Sumber Pitu, kita akan menempuh perjalanan kaki kira-kira sejauh 1 KM. Sepanjang perjalanan, suguhan perkebunan warga, dikombinasikan dengan bukit dan lembah yang masih alami akan memanjakan mata. (Ara)