Uklam2 INMalang di Sedaer, Jeramnya Bikin Nagih

img_1579

 

HUJAN tak membuat keseruan kegiatan Uklam-Uklam IN Malang (uklam2inmalang) di Sedaer River Tubing pada 2 Oktober lalu berkurang. Para peserta acara bertajuk Fun River Tubing bareng @instanusantaraMalang tersebut terlihat antusias mengikuti kegiatan pengarungan sungai Amprong di Desa Poncokusumo. Bahkan, tak sedikit yang meminta kegiatan serupa digelar ulang.

“Alhamdulillah acara kita sukses tanpa kendala berarti. Beberapa peserta justru mengajak tubing lagi,” tutur Ketua Regional Instanusantara Malang, Anddy Setiawan.

Mahasiswa semester akhir ini menjelaskan, river tubing sengaja dipilih untuk konsep uklam-uklam Instanusantara regional Malang karena jenis wisata minat khusus ini relatif baru dan belum banyak dikenal oleh masyarakat.

“Rata-rata peserta belum pernah bermain river tubing. Jadi diharapkan event kali ini bisa memberi pengalaman baru sekaligus meningkatkan rasa kekeluargaan antar member dan menambah teman baru karena peserta tak hanya IN people (sebutan untuk member Instanusantara), tetapi juga dari non member,” urai dia panjang lebar.

Di Sedaer River Tubing, peserta uklam2inmalang diajak menyusuri sungai Amprong sepanjang kurang lebih 2KM selama dua jam dengan memakai donat boat dalam pengawasan guide yang berpengalaman.

Selain disuguhi panorama alam khas pegunungan lereng Semeru, peserta juga dimanjakan oleh kesejukan udara khas gunung yang dingin dan segar. Pasca pengarungan, peserta menikmati kuliner pedesaan dengan menu ikoniknya, selada air.

“Selada air ini adalah komoditas utama pertanian di Dusun Drigu dan Dusun Kunci Desa Poncokusumo. Karena itulah selada air yang oleh warga disebut Sedaer menjadi nama sekaligus ikon Sedaer River Tubing,” jelas salah satu pengelola Sedaer River Tubing, Shuvia Rahma.

Instanusantara Malang sendiri merupakan satu dari 18 regional bentukan komunitas Instanusantara yang memiliki visi memperkenalkan keindahan alam dan budaya Indonesia. Komunitas yang didirikan pada tahun 2012 ini dibentuk untuk menyatukan para traveller dan photographer dengan memanfaakan aplikasi berbagi foto, Instagram. Hingga kini, Instanusantara Malang memiliki 93 anggota dari berbagai kalangan profesi yang berdomisili di wilayah Malang dan sekitarnya.

Penulis: Nurlaili Dya

Editor: Shuvia Rahma